Semiotika

Category: Intuisi (page 1 of 2)

Ancaman Lebaran

Bagi muslim sedunia, Idul Fitri atau yang lebih dikenal dengan istilah Lebaran merupakan hari yang penuh suka cita. Momen dimana sanak famili, sahabat dan orang-orang terdekat berkumpul untuk merayakan kemenangan, saling memaafkan dan membahagiakan terjadi dengan sendirinya. Aku turut menjadi bagiannya.

Continue reading

Pantang Mundur

Dalam permainan catur, terdapat sekelompok bidak yang tidak begitu spesial. Bidak itu bernama Pion. Ia kecil dan bukan satu-satunya. Ia juga tidak bisa bersiasat sebagaimana bidak lainnya karena langkahnya hanya satu, maju ke depan. Di satu sisi, ia tidak begitu diperhitungkan. Namun siapa yang mengira jika bidak kecil ini bisa mengantarkan kita pada kemenangan.

Continue reading

Penumpang Gelap

Dulu sih pernah berpikir yang namanya potensi itu harusnya diasah semaksimal mungkin. Soalnya, di jaman yang rasanya semakin kompetitif ini orang-orang pastinya saling berlomba-lomba nunjukin kemampuannya masing-masing. Aku hebat ini loh, aku hebat itu loh. Jadi sekarang malah aneh kalau misalnya ada orang yang malah nyembunyiin potensi yang dia punya.

Continue reading

Selembar Kertas

Perasaanku mulai tidak enak semenjak Ibu Puji Astuti, seorang guru mata pelajaran ilmu pengetahuan alam beranjak keluar meninggalkan kelas. Guru yang akrab kusapa Bu Puji itu merupakan guru yang belum genap sepekan mengabdikan dirinya demi mencerdaskan penghuni kelas 4B Sekolah Dasar Negeri di kecamatan sebuah kota terpencil. Beliau meninggalkan catatan di papan tulis tentang langkah-langkah mencangkok pohon mangga yang diuraikan ke dalam bagan, lengkap dengan gambarnya. Seluruh siswa antusias mencatatnya di buku tulis bersampul coklat dengan sebuah petuah mutiara yang menjadi slogan para juara kelas: rajin pangkal pandai.

Continue reading

Pangeran Khatulistiwa

Aku tinggal di kawasan yang berdekatan dengan garis lintang ekuator yang membagi bumi menjadi dua bagian: belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Pada kisaran bulan maret hingga september, biasanya suhu udara di kawasan tempat tinggal kami akan terasa lebih panas jika dibandingkan dengan bulan selainnya. Hal ini dikarenakan latitud bagian utara bumi sedang bergerak menuju arah rotasi matahari. Orang-orang berpendidikan menyebut fenomena ini dengan istilah Tropic Cancer. 

Continue reading

Olderposts

Copyright © 2017 Semiotika

Theme by Anders NorenUp ↑